Monday, June 19, 2017

Cara Memilih CCTV Sesuai Kebutuhan

No comments :
Setelah lulus sekolah gue langsung kerja ditempat yg bergerak dalam bidang CCTV, lumayan banyak ilmu yg gue ambil selama bekerja disana, sampai akhirnya gue sendiri bisa pasang CCTV buat dirumah, dan yg jelas dengan harga yg jauh sangat berbeda dari pada pasang ke orang lain. Ada beberapa orang yg sempet nanya abis berapa buat pasang 4 camera tersebut, gue jawab "murah kok" karena memang barang itu gue beli secara satu persatu ke beberapa toko online yg harganya miring, dan dalam artian gue murah itu dibandingin kalo harus pasang pake jasa CCTV, haha untuk berapanya nominal yg kira-kira gue keluarin itu sekitar 1,6Juta, lumayankan dibandingan pake jasa CCTV bisa sampe 3Jutaan dan itu sebagian emang duit dari ortu yg gue paksa beli beberapa alat pendukung buat bisa dipasang.
*berikut ini adalah hasil CCTV dirumah gue saat siang maupun malam hari,



Kalo liat dari gambar diatas menurut gue itu sudah cukup untuk bisa mencover area sekitar rumah gue dari hal-hal yg "kemungkinan" akan terjadi, ada beberapa aspek yg sebenernya udah cukup untuk dijadiin pilihan buat pasang CCTV, dan ini adalah data yg menurut gue jadi bukan untuk dijadikan acuan yg sesungguhnya.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan Budget
Ini adalah hal yg mutlak, kita ga mungkin cuma ingin pasang CCTV aja sedangkan ngga coba nyicil dulu dari hal-hal yg memungkinkan buat dibeli dulu, hal ini sama seperti saat gue mau pasang CCTV dirumah gue, dimana gue memulai dari beli HDD, camera, sampe yg terakhir DVR. Untuk rekomendasi beli paket cctv dimana, bukalapak dan tokopedia adalah pilihan terbaik, disana banyak seller yg sebenernya udah punya toko fisik tapi juga jualan online, untuk harga yg ditawarkan pilihlah sesuai anggaran dan juga tanyakan spesifikasi dan perbandingannya jika diperlukan.
2. Tentukan Banyaknya Titik Kamera
Kembali kepoint pertama "sesuaikan budget" untuk awalan ngga ada salahnya memulai beli DVR yg 4channel walaupun cuma 2 camera aja karena selama masih ada slot kosong channel kedepannya camera bisa ditambahkan lagi, yg paling penting adalah prioritaskan camera pada titik yg paling sering ada aktivitas.
3. Jangan Salah Beli
Pada saat beli DVR tanyakanlah pada seller atau baca deskripsi, apakah DVR sudah support cloud atau belum, fungsi cloud bakal gue jelasin dilain post. Jadi cloud itu semacam seperti akun CCTV berupa ID device yg berfungsi untuk setting online untuk dipantau via streaming, sama jangan sampe salah beli DVR yg belum support kamera AHD, karena kedepannya CCTV analog kualitas TVL bakal kegeser sama AHD, jadi fungsi DVR AHD ini sebagai investasi kalau kita mau upgrade kualitas camera, harga mungkin akan terpaut lebih mahal DVR seri hybrid ini.
4. Cermat Dalam Tawaran Harga
Ada harga pasti kualitaspun juga tidak menyangkal, jadi jangan terlalu mensortir barang sampai mendapatkan harga yg sangat murah, tetap lihat deskripsi dan tanyakan spesifikasi, jangan sampai harga yg terlalu murah tersebut membuat anda kecewa terhadap pilihan anda tersebut, tetapi juga cermat terhadap harga yg mahal, karna CCTV adalah barang awam maka banyak juga toko yg menjual dengan harga yg lumayan tetapi kualitas sama dengan yg murahan.

Jadi dari acuan yg gue sebutkan diatas, gue merekomendasikan minimal beli DVR yg sudah punya teknologi hybrid, HDD min 500GB, sama camera minimal yg 700TVL supaya tidak terlalu kecewa sama kualitas gambar saat telah diinstalasi. Semoga bisa membantu untuk mencari yg sesuai kebutuhan dan budget.

No comments :

Post a Comment