Tuesday, April 11, 2017

Dendam, Sembuh yg tak Sempurna

2 comments :
Suatu saat gue lagi buka facebook, dan ada seorang temen gue yg ngepost status berbunyi "aku ngga benci sama kamu, tapi kalo rumahmu kebakaran dan cma aku yg punya air bakal aku abisin air itu" saat gue membaca status tersebut, menurut gue itu adalah sebuah inspirasi dimana beberapa saat lalu gue pernah benci sama seseorang, tetapi udah sembuh dan cuma gue ambil positif aja dengan cara mau gue beli omongan dia. Hingga akhirnya gue buat pm di bbmlah kata-kata temen gue tersebut, dah tanpa gue sadari itu mendapatkan banyak like, tapi ada seorang temen kerja gue dulu yg nyaut dipm gue tersebut, "ente emang ngga benci bro, tapi itu namanya dendam" jujur gue ngerasa saat baca dan akhirnya nulis pm tersebut tanpa adanya perasaan yg aneh, karna emang itu ngena dan yg gue rasain.
Guepun sadar, gue pernah disakti (baca: perasaan) yg akhirnya membuat gue menjadi benci, tapi gue udah memutuskan untuk membuang benci tersebut dengan cara tidak menyakiti diri sendiri, contohnya saat gue benci sama seseorang yg gue maksud gue selalu kesel dan hati gue selalu ngga pernah damai saat ngeliat wajah orang tersebut secara langsung. Gue mulai merasa kalo itu salah dan ngga sehat untuk gue sendiri, akhirnyapun gue coba untuk melepaskan kebenci gue dan saat ketemu orang tersebut biasa aja dan ngga kenapa-kenapa, ohh ya gue selalu punya prinsip "saat gue benci sama seseorang ngga akan gue perlihatkan keorang tersebut kalau gue sebenarnya ga suka" munafik? menurut gue ngga, karena itu bukanlah sesuatu hal yg menggambarkan bermuka dua, karena ada dia dan ngga ada dia gue biasa aja, seolah ngga ada apa-apa, sedangkan definisi munafik menurut gue adalah keberpura-puraan dimana didepan baik dibelakang ngomongin, gue bukan orang yg suka ngomong dibelakang.
Akhirnya gue mengerti arti dendam yg sesungguhnya, dengan sebuah ilustrasi, menurut gue seseorang yg benci beda sama orang yg lagi dendam, karena benci bisa aja ilang dengan sendirinya saat seseorang yg dibenci sudah berubah, sedangkan dendam sendiri adalah perasaan yg disakiti yg buat masuk kehati, kaya orang patah tulang ! patah tulang bisa sembuh tapi tulang yg pernah patah jadi rentan, benci bisa sembuh tapi perasaan jadi rentan.
Jadi menurut gue dendam bukanlah benci, orang yg dendam bisa dikatakan hatinya sudah sembuh tapi perasaannya belum kembali seperti semula, ada banyak hal yg bisa membuat hatinya jadi iritasi lagi kalo terlalu sensitif, ngga jauh beda sama orang patah tulang di tangan, tetep bisa aktifitas tapi tulang bakal jadi sensitif lagi kalau berhubungan dengan hal-hal yg membuatnya dulu patah tulang.
Jangan pernah buat seseorang jadi dendam sama kamu dengan tingkah lakumu, hargai orang lain dan kita juga akan mendapatkan hal yg serupa.

2 comments :